Assessment as learning



Assessment as learning, atau penilaian sebagai pembelajaran, adalah proses dimana siswa merefleksikan dan memonitor pemahaman serta kemajuan mereka sendiri dalam proses belajar. Penilaian ini mendorong siswa untuk mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan membantu mereka mengembangkan keterampilan metakognitif, seperti kesadaran diri dan regulasi diri dalam belajar.

Berikut beberapa metode Assessment as Learning yang umum digunakan:

Self-assessment: Seperti yang telah disebutkan dalam Assessment for Learning, self-assessment dilakukan oleh siswa untuk mengevaluasi pemahaman mereka sendiri terhadap materi yang telah diajarkan. Siswa diminta untuk merefleksikan pencapaian mereka dan mengidentifikasi area di mana mereka perlu memperbaiki pemahaman.

Jurnal reflektif: Siswa dapat membuat catatan dalam bentuk jurnal setelah mengikuti kegiatan atau pelajaran, untuk merekam pemikiran, perasaan, dan pemahaman mereka terkait materi yang diajarkan. Hal ini membantu mereka dalam memahami dan menyadari strategi belajar yang efektif bagi diri mereka.

Portofolio: Portofolio adalah kumpulan pekerjaan siswa yang mencerminkan kemajuan dan pencapaian mereka. Portofolio ini dapat mencakup hasil tes, proyek, esai, presentasi, dan lain-lain yang menunjukkan proses pembelajaran siswa sepanjang waktu.

Goal-setting: Siswa diharapkan untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dan realistis untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Mengatur tujuan membantu siswa mengarahkan fokus dan upaya mereka untuk mencapai pemahaman yang lebih baik.


Comments